Faktor Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung? Apa saja faktor penyebab munculnya jerawat di punggung? Bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung dan mencegahnya datang kembali? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lanjut baca!

Selamat datang di salah satu blogspot resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi "faktor penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya".

Nah, berhubung pada blogspot resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaalloh mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut! 

Faktor penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya || Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di punggung. Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering menjadi gangguan adalah jerawat di punggung.

Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat  pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. 

Beberapa Faktor Penyebab Jerawat di Punggung


Walaupun bagian punggung dapat Anda tutupi dengan pakaian namun jerawat pada tubuh akan mengganggu Anda, untuk mencegahnya Anda perlu mengetahui beberapa penyebab berikut ini.

-Keringat

Faktor pertama yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung adalah keringat. Keringat yang keluar dari tubuh dapat mengiritasi jerawat yang terdapat pada tubuh. Untuk itu sebagai cara meminimalkan terjadinya iritasi Anda harus menjaga tubuh Anda untuk tetap bersih. Sebagai contoh jika Anda telah melakukan olahraga dan berkeringat maka segeralah mandi. Selain itu hindari gesekkan pada kulit Anda dan Anda tidak disarankan untuk menggosok tubuh saat mandi, terutama pada bagian punggung. Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan tubuh menggunakan sabun.

-Pakaian

Faktor berikutnya adalah pakaian yang Anda gunakan, bisa terlalu ketat atau tidak bersih. Pakaian yang ketat tentu akan menimbulkan gesekan yang terjadi pada pakaian dan folikel. Jika terjadi peradagan maka akan menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Selain pakaian, orang yang sering menggunakan ransel juga dapat membuat jerawat punggung Anda semakin parah.

-Jumlah Kelenjar Sebasea

Faktor penyebab jerawat di punggung yang selanjutnya adalah karena terdapat kandungan kelenjar sebasea yang cukup banyak. Kandungan kelenjar sebasea yang banyak di bagian punggung di banding daerah lain dapat mengakibatkan folikel yang menyebabkan kelebihan sabum serta kulit mati.

-Penggunaan Kondisioner

Umumnya kondisioner digunakan sebagai perawatan rambut supaya rambut tetap sehat. Namun perlu Anda ketahui jika kondisioner mengandung silikon yang jika terpapar di permukaan kulit dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, jika Anda menggunakan kondisioner disarankan langsung membersihkannya menggunakan sabun supaya sisa kondisioner yang digunakan tidak terpapar ke bagian kulit.

-Pemakaian Tas Ransel

Jika Anda sering menggunakan tas ransel maka Anda disarankan untuk mengurangi beban yang terlalu berat. Hal ini untuk menghindari keringat yang terjebak pada bagian tubuh dan tertutup oleh tas Anda. Anda juga disarankan untuk menghindari penggunaan tas ransel yang terlalu lama.

-Pemakaian Pelembut serta Pewangi Pakaian

Faktor yang menyebabkan jerawat di punggung juga dapat terjadi karena penggunaan pelembut  serta pewangi pakaian yang terkadang kurang cocok dengan jenis kulit tertentu. Jika Kulit Anda merupakan kulit sensitif dan mudah berjerawat maka harus berhati-hati dalam menggunakan pewangi pakaian saat mencuci.

Tindakan yang Memperburuk Jerawat

Ada beberapa tindakan yang dapat memperburuk kondisi jerawat, di antaranya:
  • Memencet Jangan sesekali mencoba membersihkan jerawat dengan cara memijit atau memencetnya. Tanpa pengetahuan yang cukup, hal itu akan membuat timbulnya bekas luka permanen.
  • Terlalu sering membersihkan area yang Hal ini akan menyebabkan jerawat di punggung kian menjadi dan iritasi kulit.
  • Menggunakan air panas atau dingin. Lebih baik gunakanlah air dengan suhu sedang atau hangat saat mandi. Menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu dingin juga bisa memperburuk masalah.
Jerawat di punggung biasanya terkait genetika seseorang yang memiliki produksi minyak berlebih dalam tubuhnya. Namun demikian, faktor gaya hidup juga berpengaruh, termasuk pemakaian produk perawatan tubuh. Maka agar risiko terkena jerawat kian minim, gaya hidup yang sehat dan bersih perlu diterapkan.

Inilah Beberapa Tips Mudah Mengatasi Jerawat di Punggung


Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung.
  • Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih.
  • Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung kian kecil.
  • Cucilah punggung dengan pembersih yang memang diperuntukkan untuk kulit yang rentan terhadap tumbuhnya jerawat. Kemudian setelah kulit bersih dan kering, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.
  • Gunakan baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab.
  • Jika kulit Anda kering, gunakan pelembap non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan munculnya jerawat.
  • Rutin mengganti seprai juga bisa mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Makin lama seprai digunakan, makin banyak sebum, sel-sel kulit mati, keringat, dan kuman bersarang di sana. Seprai berbahan katun lebih bagus karena tidak membuat kulit kita lembap saat tidur.
  • Hindarilah obat-obatan tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Beberapa obat yang mengandung androgen dan lithium bisa menyebabkan jerawat.


Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://tehuntukmengobatiefusipleura.blogspot.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115 

Faktor Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar